Kamis, 23 Januari 2014

ABSTRAKSI

          Konsep etika memiliki peran penting bagi para pegawai pemerintahan dalam mengefektifitaskan pelayanan publik bagi masyarakat. Para pegawai pemerintahan di tuntut dalam kondisi unggul, handal, terpercaya, artinya mampu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat. Timbul pertanyaan bagaimana etika serta tata cara kerja para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa berdampak positif pada pembangunan daerah.
           Adapun teknik pengumpulannya melalui observasi dan wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah dengan data primer dan data sekunder. Metode analisis deskriptif kualitatif yaitu terhadap data yang diperoleh berdasarkan kemampuan nalar peneliti dalam menghubungkan fakta, data dan informasi data yang diperoleh. Serta struktur kelembagaan yang baik adalah yang dapat mencerminkan adanya pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab dari atasan kepada bawahannya.
          Hasil penelitian menunjukan bahwa peran etika terhadap efektifitas pelayanan publik baik, sedangkan untuk pembangunan daerah perlu ditingkatkan lagi agar lebih maksimal.

Kata kunci : Etika, Efektifitas Pelayanan Publik, Pembangunan Daerah